cool hit counter

PDM Kabupaten Tuban - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Tuban
.: Home > Sejarah

Homepage

Sejarah

Pada tahun 1960-an, Bapak Saleh Bayasut dan K.H. Misbach memperkenalkan Muhammadiyah kepada warga Tuban. Penyebaran Muhammadiyah melalui proses pengajian. Sambutan masyarakat pada awalnya penuh dengan kecurigaan, tetapi melalui pendekatan yang intens akhirnya kecurigaan-kecurigaan itu sedikit demi sedikit dapat diredam.  
Misalnya ketika pelaksanaan shalat Jumat di Masjid Jami' Tuban. Kebetulan, yang menjadi Khatib dan Imam ketika itu adalah Bapak Machbub Ichsan, Ketua PDM. Kab. Tuban. Ketika itu atas permintaan Bapak Machbub Ichsan, prosesi shalat Jumat menggunakan adzan satu kali saja. Itu dipenuhi oleh pengurus masjid. Namun, begitu itu dilaksanakan muncul tanggapan yang mencela pelaksanaan shalat Jumat yang demikian. Karena memang selama ini pelaksanaan shalat Jumat di masjid tersebut menggunakan adzan dua kali. Tetapi setelah dijelaskan panjang lebar mengenai alasan mengapa Bapak Machbub Ichsan menggunakan adzan satu kali barulah kemudian para jamaah dapat memahami. Sejak saat itu prosesi shalat Jumat di Masjid Jami' Tuban sangat bergantung siapa yang menjadi Imam dan Khatibnya. Dan ternyata hingga kini hal seperti itu masih tetap dilaksanakan dan tidak ada yang mempertanyakan kembali.  
Perkembangan Muhammadiyah di Kab. Tuban bisa dikatakan cukup lambat. Kendati demikian upaya-upaya untuk memperkenalkan Muhammadiyah masih gencar dilakukan, baik melalui forum-forum pengajian maupun pengembangan amal-amal usaha. Secara organisatoris, saat ini Kab. Tuban memiliki 9 cabang. Adapun amal-amal usaha yang telah didirikan meliputi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Menengah Umum (SMU), dan lembaga pendidikan non-formal berupa Pesantren Ma`had al-Islam yang saat ini diikuti oleh 60 orang santri.  
Dalam bidang kesehatan, Muhammadiyah Kab. Tuban baru memiliki Balai Pengobatan yang akan dikembangkan menjadi Rumah Sakit Muhammadiyah. Saat ini sudah tersedia lahan seluas kurang lebih 1 hektar senilai Rp 200 juta guna pembangunan Rumah Sakit.
(Disarikan berdasarkan penuturan Bapak Machbub Ihsan, Ketua PDM Kab. Tuban periode 1995-2000 dan Pengasuh Pondok Pesantren Ma`had al-Islam dengan alamat Jl. Pemuda No. 52 Tuban).

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website